post-image

Kompetisi Film Peraga (Vlog) Teknologi Sederhana Tepat Guna Sektor Ke-Pu-An : Upaya Pemerintah Daera

<

>Sebagai salah satu upaya dalam peningkatan daya dukung lingkungan permukiman, Pemerintah Daerah DIY melalui Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Dinas PUP-ESDM DIY) menjawab kebutuhan akan diseminasi dan informasi di sektor ke-PU-an melalui Klinik Konstruksi DIY yang menjadi wadah penyebaran berbagai informasi teknis sektor ke-PU-an yang dilakukan oleh Balai Pengembangan Jasa Konstruksi (Balai PJK). Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan Penyebaran Informasi dan Pameran Teknologi Ke-PU-an yang berwujud rangkaian kegiatan kompetisi film peraga (vlog) pembelajaran teknologi sederhana tepat guna sector ke-PU-an tingkat SMA/SMK di DIY.

“Karena sekarang zamannya serba teknologi, dan kegiatan nge-vlog sedang populer, Balai PJK berusaha memanfaatkan trend tersebut untuk mendorong generasi muda masa kini ikut serta dalam upaya pemerintah meningkatkan daya dukung lingkungan. Yaitu dengan lomba vlog ini. Pemerintah harus bisa merangkul generasi milineal.” Ir.Agung Satrio, MT., selaku Kepala Balai PJK menyampaikan dalam pembukaan acara.

Sebanyak 8 tim finalis mempresentasikan hasil karyanya di hadapan peserta dan dewan juri yang berasal dari internal Dinas PUP dan ESDM DIY, praktisi/ akademisi pada bidang jasa konstruksi, dan praktisi/ pemerhati/ akademisi pada bidang seni-perfilman. Rangkaian kompetisi yang dimulai pada bulan Agustus 2019 ini berakhir pada 29 Oktober 2019 yang ditutup dengan pengumuman pemenang di Radja Resto & Meeting Room.

“Kegiatan ini dapat menjadi forum untuk para pemangku kepentingan dalam memperluas wawasan tentang solusi pelestarian lingkungan setempat serta berbagai strategi yang perlu dilakukan dalam mengarahkan pembangunan permukiman layak huni yang handal”, tutur Siti Dewi Amanda, ST., MBA, selaku salah satu dewan juri lomba.

Dari hasil penjurian, diperoleh juara pertama yaitu perwakilan dari SMK N 2 Depok yang berhak atas hadiah Portable Hard Disk 1 TB USB 3.0, Trophy, dan Sertifikat. Sedangkan juara kedua dan ketiga diborong perwakilan dari SMA Al Azhar Yogyakarta yang masing-masing berhak atas hadiah Portable Hard Disk 500 GB USB 3.0, Trophy dan Sertifikat, dan Power Bank min. 10.000 mAH, Trophy dan Sertifikat.

Upaya perbaikan daya dukung lingkungan dapat dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Berbagai upaya kecil dengan menggunakan teknologi sederhana yang tepat guna bisa dijadikan alternatif oleh masyarakat untuk berkontribusi sesuai kemampuannya.

So, sudahkan Anda memberikan kontribusi Anda untuk lingkungan yang lebih baik?