Penyerahan Sertifikat Akreditasi BPIPBPJK Provinsi DIY

“Yang terbaik harus diserahkan oleh yang tertinggi,” demikian ungkap Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN), Dr.Bambang Setiadi saat menyerahkan Sertifikat Akreditasi kepada Laboratorium Penguji Balai Pengujian, Informasi Permukiman dan Bangunan dan Pengembangan Jasa Konstruksi (BPIPBPJK), Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUPESDM), Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam acara Sosialisasi Akreditasi dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi BPIPBPJK Provinsi DIY di Yogyakarta, pada hari Selasa tanggal 12 Juli 2011. Sertifikat akreditasi diterima oleh Kepala Dinas PUPESDM DIY Ir. Rani Sjamsinarsi yang didampingi oleh Kepala BPIPBPJK Provinsi DIY, Ir. Sri Rahayu.

Dalam acara testyang diawali dengan sosialisasi mengenai sistem akreditasi laboratorium KAN yang disampaikan oleh Direktur Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi KAN, Drs. Kukuh S. Achmad, MSc tersebut, Dr. Bambang Setiadi menyatakan bahwa proses untuk mendapatkan Sertifikat Akreditasi telah melewati proses asesmen yang ketat. Oleh karenanya, KAN memberikan apresiasi kepada BPIPBPJK Provinsi DIY yang telah berhasil memperoleh status akreditasi dari KAN berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2008 (ISO/IEC 17025:2005) dengan nomor akreditasi LP-487-IDN untuk lingkup pengujian kimia air dan limbah serta pengujian fisika tanah, agregat dan beton.

”Perolehan status akreditasi tersebut sangat penting artinya”, demikian ditekankan oleh Dr. Bambang Setiadi, karena keberadaan laboratorium terakreditasi untuk pengujian kualitas lingkungan pada saat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung penerapan berbagai regulasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang terkait dengan pengawasan dan pengendalian lingkungan hidup. Di samping itu, dengan kemampuan BPIPBPJK Provinsi DIY untuk melakukan pengujian di bidang konstruksi juga akan sangat mendukung program standardisasi bidang konstruksi di Indonesia yang dikoordinasikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

informasi foto : (dari kiri ke kanan) Kepala Balai PIPBPJK (Ir. Sri rahayu), Kepala Dinas PUP-ESDM (Ir. Rani Sjamsinarsi, MT.), Ketua KAN (Dr.Bambang Setiadi)