Kegiatan Training of Trainer Program Peningkatan Kapasitas dan Ketahanan Pemukiman

(Noorhadi Rahardjo menyampaikan paparan pada kegiatan TOT bulan Agustus 2014)

Kegiatan berlangsung pada tanggal 13 September 2014 mulai dari jam 08.30-14.00 WIB. Pembukaan dilakukan oleh Ir. Bambang Sugiharto, MT. selaku Kepala Balai PIPBPJK Dinas PUP dan ESDM DIY. Beliau menyampaikan sambutan, apresiasi dan tujuan kegiatan ini.

Sesi pertama diisi oleh Bapak Dr. Noorhadi Rahardjo, M.Sc. dengan materi Mengenal BOKOMI (Basis Masyarakat Kesiapsiagaan Komunitas). Narasumber memaparkan materi selama 90 menit, melalui slideout. Selanjutnya, peserta diskusi dan tanya jawab dengan narasumber selama 45 menit hingga istirahat makan siang.

Penyampaian materi K3 oleh Mei

Sesi kedua dibawakan oleh Bapak Mei salah satu finalis BOKOMI KARANG SINGOSAREN (SMK PERINDUSTRIAN) dengan materi mengenal Keselamatan Kesehatan Kerja (K3). Pemaparan materi dilakukan selama 60 menit selanjutnya disambung dengan tanya jawab peserta selama 30 menit.

Acara terakhir adalah diskusi yang dipandu langsung oleh Bapak M. Laxmono Habsoro dari IKC Indonesia, didampingi Bapak Aminudin Arhal (FGD UGM) dan Bapak Kusmarjani (BOKOMI 192 BADRAN). Setelah diskusi selesai, acara ditutup.

Rencananya, kegiatan TOT III akan dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2014. Selain rangkaian kegiatan ini, ada pula kegiatan simulasi permainan pengurangan risiko bencana (pada artikel lain) yang masuk dalam program peningkatan kapasitas dan ketahanan pemukiman. Semoga program ini dapat menambah kesadaran masyarakat akan kesiapsiagaan bencana dan munculnya organisasi  siap siaga bencana berbasis masyarakat.