Program Web Klinik Konstruksi Daerah Istimewa Yogyakarta

Ilustrasi klinik, via: http://drwupainrelief.com

 

Dinas Pekerjaan Umum, Pemukiman, Energi dan Sumber Daya Mineral (PU ESDM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan melakukan sebuah terobosan baru dalam rangka memberikan pelayanan informasi pemukiman kepada masyarakat. Terobosan ini berupa program web klinik konstruksi. Program ini akan memberikan segala macam pelayanan informasi teknis terkait konstruksi kepada masyarakat.


Latar belakang program ini adalah keinginan Pemerintah Provinsi untuk meningkatkan kualitas bangunan dan juga kompetensi pekerja konstruksi DIY. Saat ini, DIY sedang mengalami pembangunan cukup pesat sehingga kebutuhan tenaga kerja konstruksi yang handal melonjak. Selain itu, ada juga keinginan supaya kejadian robohnya ribuan rumah dan bangunan pada saat gempa 2006 tidak terjadi lagi. Sebenarnya, kejadian 8 tahun silam ini disebabkan kualitas bangunan masyarakat yang buruk akibat kekurangtahuan mereka terkait hal teknis. Setelah menimbang kedua hal di atas, keberadaan sebuah media sebagai sarana transfer ilmu dan control sangat diperlukan sehingga munculah program klinik konstruksi.


Apa itu klinik konstruksi? Seperti halnya klinik kedokteran, di sini masyarakat dapat bertanya, chek up dan konsultasi terkait “penyakit” yang sedang dialaminya (dalam hal ini masalah konstruksi rumah dan bangunan gedung). Selanjutnya Dinas Pekerjaan Umum akan memberikan “resep” berupa rekomendasi teknis (metode maupun analisis), material pilihan, hingga buruh atau kontraktor yang sudah mendapatkan referensi dari dinas tersebut.


Kelebihan program klinik konstruksi ini dibandingkan program serupa lainnya adalah sifatnya yang online di internet. Saat ini, penggunaan internet dikalangan masyarakat DIY terbilang sangat besar. Keberadaannya secara online tentu akan memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya bahkan nantinya web ini dapat dibuka dengan menggunakan smartphone. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu harus pergi ke instansi terkait tetapi cukup melihat dan bertanya dari layar monitor saja.

Ilustrasi konsultasi di klinik, via: http://blog.zoom.us

 

Bagi masyarakat, alur akses/penggunaan sistem web klinik konstruksi ini nantinya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama kali, pasien (masyarakat) membuka situs web klinik konstruksi.

  2. Langkah selanjutnya, pasien membuka kolom/laman yang disediakan untuk bertanya pada situs tersebut.

  3. Pada kolom/laman tersebut, tuliskan berbagai macam permasalahan, keluhan dan pertanyaan yang dihadapi. Setelah itu, isi juga biodata (nama-email) sebagai alamat untuk balasan jawaban dari pertanyaan yang tadi disampaikan. Setelah semua terisi, kirim!

  4. Selanjutnya, tunggu beberapa saat (hari) sampai ada balasan jawaban. Dalam menjawab pertanyaan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum bekerja sama dengan akademisi dari Universitas ternama dan praktisi dari asosiasi-asosiasi.

Program ini sedianya akan mulai aktif pada akhir tahun 2014. Semoga lahirnya web ini dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan mutu dan kualitas bangunan konstruksi di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta.