‘Belajar’ Menghitung RAB Bersama Klinik Konstruksi DIY

 

Bertempat di Balai Desa Merdikorejo, acara pendampingan dalam rangka pemberdayaan masyarakat melalui Klinik Konstruksi kali ini disambut oleh Bapak Dukuh Merdikorejo dengan peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing desa di Kecamatan Tempel. (16/5)

Sesuai dengan kesepakatan peserta pendampingan sebelumnya yang bertempat di Kantor Kecamatan Tempel (25/4), kegiatan pendampingan dalam rangka rangkaian kegiatan Klinik Konstruksi yang diadakan Seksi Informasi Permukiman dan Bangunan; Balai Pengujian, Informasi Permukiman dan Bangunan, dan Pengembangan Jasa Konstruksi ( Seksi IPB Balai PIPBPJK ) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kali ini khusus membahas permasalahan RAB yang menjadi permasalahan di hampir semua desa.

Rencana Anggaran Biaya bangunan atau biasa disingkat RAB merupakan perhitungan biaya bangunan berdasarkan spesifikasi pekerjaan konstruksi yang akan dibangun, gambar bangunan, analisis harga satuan pekerjaan, dan data-data lain yang terkait untuk menghitung RAB.

Dalam diskusi kali ini muncul beberapa pertanyaan dari masyarakat terkait dengan RAB, diantaranya yaitu masalah standar harga yang bisa digunakan untuk penghitungan rencana anggaran biaya, perhitungan anggaran untuk pembuatan jembatan, pengaspalan kembali jalan dan pembangunan drainase serta pembangunan rumah layak huni dengan budget minimum.

Pada dasarnya, cara penghitungan rencana anggaran biaya untuk setiap pekerjaan adalah sama, hanya ada beberapa point yang berbeda seperti harga satuan masing-masing pekerjaan yang tentunya akan menyesuaikan dengan jenis pekerjaan.

Terkait harga harga satuan, Seksi IPB sebagai penghubung antara masyarakat dengan tenaga ahli dan  konsultan maupun dinas terkait telah menyediakan informasi mengenai harga satuan bahan bangunan yang selalu update sehingga dapat menjadi acuan masyarakat untuk menghitung harga satuan minimum masing-masing pekerjaan. Informasi ini dapat diperoleh di perpustakaan PIP2B DIY yang beralamat di Jl. Kenari No. 14a Yogyakarta. Selain dapat diakses secara langsung, perpustakaan PIP2B DIY juga dapat diakses masyarakat secara online melalui laman http://www.infopip2bdiy.jogjaprov.go.id/perpus/.

Harapan kedepannya, layanan Klinik Konstruksi bisa sampai ke desa-desa yang belum pernah mendapatkan pendampingan sama sekali agar tidak terjadi diseminasi informasi. Hal ini sebagai komitmen Seksi IPB Balai PIPBPJK sebagai penghubung antara masyarakat dengan tenaga ahli dan  konsultan maupun dinas terkait yang siap menampung, menjembatani dan ‘mengobati’ permasalahan masyarakat terkait permukiman dan bangunan.